kabarNEWS
Hobbi Kesenangan

Seni Keindahan Bonsai

Gambar : Sumberforum.com” Sebuah tanaman atau pohon yang dikerdilkan dalam sebuah pot dengan tujuan membuat miniatur untuk sebuah keindahan, keelokan dengan ketramilan tangan untuk menjadi sebuah mahakarya seni itulah Bonsai ”

Kata bonsai sendiri terlahir dari kata miniaturisasi tanaman yang disebut “ penjing ” dari periode Dinasty Tang yang kemudian orang Jepang mengembangkanya untuk sebuah seni tradisional dengan mempertontonkan kemolekan tubuh kerdil pohon yang indah dan cantik. Untuk saat ini, bonsai sendiri sangat digemari di tanah air dan bisa dibilang pecinta tanaman bonsai dari tahun ke tahun selalu bertambah. Maka tidak heran bila kita seringkali menemukan pameran tanaman hias di beberapa kota di Indonesia. Memelihara dan merawat tanaman bonsai memang tidak mudah. Selain pemikiran gaya, diperlukan beberapa tekhnik serta tips untuk merawatnya agar selalu cantik namun tanaman juga terlihat sehat.

Nah, berikut ada beberapa tips merawat tanaman bonsai yang mungkin bisa kita terapkan supaya tanaman sehat dan juga terlihat cantik dengan kemolekan tubuh pohon itu sendiri :

  1. Bonggol atau bahan tanaman, di tanam pada sebuah pot yang besar ataupun dalam tanah agar bonggol tanaman dapat tumbuh dengan bebas.
  2. Lalu, setelah tumbuh daun dauannya barulah kita lakukan pembentukan dengan menggunakan kawat (wiring). Kawat yang digunakan adalah kawat khusus yang anti karat dengan berbagai macam ukuran. Dan besarnya ukuran kawat tergantung dari ukuran bonggol atau ranting tanaman.
  3. Setelah terbentuk dan menimbulkan pembengkakan pada bonggol tanaman yang dikawat tersebut, maka lepaskan kawat tersebut dengan hati hati.
  4. Kemudian lakukan pemangkasan (purning) hingga bonsai nampak indah dan seimbang. Ketika kita melakukan purning, sebaiknya akar juga dipangkas. Gunanya supaya dapat menghasilkan bonsai yang baik dan tentunya indah.
  5. Setelah terbentuk barulah kita pindahkan pada sebuah pot bonsai yang telah diberi media tanam. Dan sebaiknya media tanam (tanah) dilakukan sterilisasi dengan cara media tanam disangrai terlebih dahulu.
  6. Usahakan setiap tahun tanah dalam pot bonsai harus diganti dan akar-akar yang panjang digunting. Ini bertujuan agar tanaman selalu sehat.
  7. Gunakanlah pestisida maupun fungsida untuk mencegah hama dan tetap sehat.
  8. Ingat, untuk mendapatkan hasil yang bagus dan sehat, jangan berhenti dan lakukan perawatan terus menerus.

Gambar : bisnisbonsai.blogspot

 Gambar : bisnisbonsai.blogspot

 

About alandfatah

Low profile and Ordinary people

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Maret 2012
S S R K J S M
« Feb    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 1 pengikut lainnya

Blog Stats

  • 1,104 hits
%d blogger menyukai ini: